Senin, 03 April 2023

EKOSISTEM DAN KOMPONEN YANG ADA DIDALAMNYA | Ekosistem

 

EKOSISTEM DAN KOMPONEN YANG ADA DI DALAMNYA



Ketika kita sedang berjalan-jalan di taman, menikmati indahnya tanaman dan pepohonan yang hijau dan rindang, bunga bermekaran, dan burung-burung berkicau di tepian danau kecil di tengah taman. Jika kita amati lebih jeli, tidak hanya tanaman saja yang terdapat di taman tersebut, namun juga terdapat berbagai makhluk hidup lain seperti ulat, belalang, jangkrik, laba-laba, katak burung, ikan dab sebagainya. Baik itu tumbuhan maupun hewan yang terdapat di taman tersebut merupakan beberapa jenis komponen yang menyusun suatu ekosistem. Setiap organisme saling berinteraksi dan memiliki peranannya masing-masing. Itulah salah satu gambaran mengenai ekosistem yang ada di taman.

Ekosistem sendiri dapat diartikan sebagai hubungan timbal balik antara mahluk hidup dengan lingkungan. Ataupun ekosistem dapat disebut sebagai interaksi antar komponen biotik dan abiotik yang terdapat dalam suatu lingkungan dengan masing-masing komponen memiliki fungsi yang spesifik. Kedua komponen tersebut akan saling mempengaruhi satu sama lain. Organisme akan dipengaruhi oleh keadaan lingkungan, begitupun sebaliknya, aktifitas yang dilakukan organisme akan mempengaruhi bahkan mengubah keadaan lingkungan.


Komponen Dalam Ekosistem

Berdasarkan definisi di atas kita sudah mengetahui bahwa terdapat komponen-komponen yang terlibat dalam suatu ekosistem, yang mana komponen tersebut dibagi menjadi dua jenis, yaitu komponen biotik dan komponen abiotik.

Secara sederhana komponen biotik terdiri dari benda-benda hidup baik berukuran mikroskopis maupun makroskopis, seperti bakteri, jamur, tumbuhan, hewan dan kita sebagai manusia juga termasuk komponen biotik dalam ekosistem. Sedangkan komponen abiotik terdiri dari benda-benda tak hidup, seperti batu, tanah, air, Co2, O2, N, cahaya matahari dan lain sebagainya.

Mahluk hidup (biotik) dan tak hidup (abiotik) di dunia ini sangatlah beragam dengan jumlah yang begitu banyak. Agar dapat lebih mempermudah pemahaman tentang ekosistem, digunakan berbagai macam istilah-istilah untuk mengenal satuan-satuan mahluk hidup dalam ekosistem. Yaitu:


1.  Individu

Mahluk hidup tunggal/organisme tunggal yang dapat berdiri sendiri.  Contohnya : seekor macan, satu tanaman jeruk, seorang laki-laki.


2.   Populasi

Sekumpulan individu sejenis yang hidup dalam habitat/tempat yang sama. Contohnya kawanan gajah, kawanan Hyena,  rumpun bambu.


3.  Komunitas

Sekumpulan populasi berbagai jenis mahluk hidup yang hidup bersama dan menempati suatu daerah tertentu. Contohnya, tanaman padi, kumpulan ikan mas, kumpulan katak dan kumpulan keong mas membentuk komunitas sawah.


4.   Lingkungan

Segala sesuatu yang terdapat di sekitar mahluk hidup dan berpengaruh terhadap mahluk hidup itu  sendiri. Contohnya, manusia menebang pepohonan yang ada di hutan secara berlebihan dan tidak adanya reboisasi yang menyebabkan hutan menjadi gundul dan hewan kehilangan rumahnya, sehingga menyebabkan di musim kemarau pasokan air tanah habis dan hewan turun ke pemukiman untuk mencari makan. 


5.   Habitat

Lingkungan tempat hidup mahluk hidup tersebut. Misalkan hutan merupakan tempat hidup tumbuhan dan juga hewan didalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar